Biji bunga matahari

Biji bunga matahari Asam oleat juga

Biji bunga matahari adalah salah satu makanan paling bergizi di alam. Bunga matahari memiliki kandungan vitamin A, E, D, dan K yang tinggi, dan semua nutrisi ini dapat ditemukan di bijinya sendiri. Selain tinggi vitamin, bunga matahari juga memiliki banyak asam lemak esensial yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, memperkuat persendian, menurunkan kadar kolesterol, serta mencegah diabetes dan penyakit jantung. Biji bunga matahari bisa dimakan utuh atau digiling dan dicampur dengan minyak seperti minyak bunga matahari atau minyak zaitun untuk keperluan memasak.

Dalam hal nutrisi biji bunga matahari, sebenarnya ada tiga jenis utama: bunga matahari oleat dan linoleat, bunga matahari tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, dan bunga matahari linolenat. Setiap jenis memiliki kadar lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh tunggal, serta asam lemak tak jenuh tunggal dan trans. Informasi dalam artikel berikut berfokus terutama pada biji bunga matahari linoleat. Biji bunga matahari sebagian besar mengandung asam linolenat, yang juga dikenal sebagai omega-3. Asam lemak penting lainnya termasuk asam linoleat dan asam eicosapentaenoic, keduanya dianggap lemak "baik" oleh American Heart Association.

Omega-3 membantu melindungi dari peradangan, terutama jika Anda rentan terhadapnya. Ini sangat membantu bagi mereka yang menderita radang sendi dan gangguan sendi lainnya. Asam oleat juga membantu melawan kanker dengan memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel yang memproduksi bahan kimia penyebab tumor. Telah terbukti dapat mencegah penyakit jantung, stroke, katarak, dan kanker usus besar. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa itu dapat membantu mencegah obesitas.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan nutrisi biji bunga matahari. Banyak orang lebih suka menggunakan biji bunga matahari untuk memasak, sementara yang lain menambahkannya ke dalam saus salad favorit mereka.

Bunga matahari bisa dimakan mentah, atau Anda bisa membeli bunga matahari yang telah dikukus dan disajikan dengan saus salad. Jika Anda memasak bijinya sendiri, bijinya kemungkinan akan menjadi lebih rapuh daripada jika Anda menyimpannya mentah. Secara umum, Anda bisa makan bunga matahari utuh atau mengukusnya lalu memasaknya dengan saus favorit Anda. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan manfaat nutrisi penuh dari biji, tetapi Anda tidak perlu khawatir untuk memecahnya menjadi potongan-potongan kecil. Minyak biji bunga matahari adalah sumber tak jenuh tunggal yang sangat baik, yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan merupakan sumber antioksidan yang sangat baik.

Biji bunga matahari dalam saus salad favorit mereka

Bunga matahari juga merupakan sumber vitamin A dan E. Bunga matahari juga dapat digunakan untuk membuat camilan buatan sendiri yang mudah dengan menambahkannya ke salad, selai, atau sereal. Mereka bisa dicampur dengan buah-buahan kering atau batangan granola. Minyak bunga matahari juga merupakan sumber lemak sehat yang baik yang dapat digunakan sebagai lemak untuk memasak atau margarin, atau ditambahkan ke beberapa hidangan pasta.

Minyak biji bunga matahari juga bisa digunakan sebagai lemak goreng, atau Anda bisa mencampurkannya dengan lemak masak lain sebagai pengganti mentega. Ini bekerja dengan baik sebagai rasa tambahan di banyak resep. Jika Anda tidak ingin menambahkan bijinya, minyak biji bunga matahari dapat ditambahkan ke makanan seperti berondong jagung. bukan minyak sayur atau minyak zaitun. Alih-alih menggunakan minyak sebagai lemak goreng utama, cukup campurkan minyak biji bunga matahari dengan olesan favorit Anda, atau minyak dan goreng dalam minyak sebagai pengisi.

Biji bunga matahari bisa dimakan sebagai camilan tanpa bijinya. Mereka datang dalam tas kecil atau dalam bentuk snack bar yang dihaluskan. Mereka juga tersedia di toko bahan makanan sebagai kacang kantong, yang menjadikannya pilihan camilan yang jauh lebih sehat daripada yang hanya kacang-kacangan. Namun, batang biji bunga matahari lebih sulit ditemukan, jadi Anda mungkin harus online untuk menemukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *